Senin, 20 Mei 2013

BLOGGING BARENG DI SMKN 2 BOYOLANGU


A.    LANGKAH-LANGKAH MERANGKAI BUNGA
1.      Persiapan
l    Daun tangkai bunga utama dan bunga pemanis ± 15 cm dari bawah dibersihkan dan direndam dalam larutan pengawet. Pilihlah bunga yang sudah dewasa (sudah siap mekar) kemudian potong serong dengan pisau yang tajam dan direndam dalam larutan pengawet.
l    Daun-daun dibersihkan dan dicuci lalu direndam dalam larutan pengawet. Pilih daun yang sudah tua dan tidak cacat.
l    Oasis direndam dalam air bersih tanpa ditekan, diamkan kurang lebih ½ jam baru dipakai (dipotong-potong sesuai kebutuhan) . Jika tidak ada foam dapat digunakan lompong ( batang tanaman air enceng gondok). Caranya lompong dibersihkan dari lumpurnya kemudian dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam vas, bentuk ketinggiannya lalu potong permukaannya, rapikan. Selanjutnya siram dengan air bersih.
l    Dalam menyusun rangkaian bunga perlu memperhatikan harmoni warna. Untuk mengombinasikan warna-warna bunga dan daun selain memerlukan pengalaman dan perasaan seni juga harus ditunjang dengan pengetahuan teori tentang cara memadukan warna. 



Menurut teori, dalam mengombinasikan warna bunga dapat dikelompokkan ke dalam:
-          Warna-warna yang analog
Yaitu warna yang berdegradasi 1-3 bagian warna dalam lingkaran warna misalnya warna hijau              kuning            orange (orange merupakan warna yang dominan/menonjol)
-          Warna-warna yang kontras
Yaitu warna yang berlawanan dalam lingkaran warna, misalnya merah         hijau; kuning         ungu
Biasanya warna kontras digunakan untuk rangkaian bunga bergaya modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar